Kebijakan Privasi
Last updated: 30/01/2025
BayarOne memahami sepenuhnya bahwa melindungi informasi atau data pribadi setiap pengguna aplikasi Neobank Mobile Banking milik BAYARONE (“Aplikasi”) dan/atau situs web BAYARONE (“Situs Web”) dan bersikap transparan mengenai apa yang kami lakukan terhadap informasi atau data pribadi ini merupakan salah satu bagian dalam membangun kepercayaan pengguna terhadap kami.
BAYARONE berkomitmen untuk melindungi informasi atau data pribadi pengguna. Apabila BAYARONE meminta Pengguna untuk memberikan informasi atau data pribadi tertentu untuk mengidentifikasi Pengguna pada saat menggunakan Aplikasi dan/atau Website, dapat dipastikan bahwa informasi atau data pribadi tersebut hanya akan digunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Informasi atau data pribadi pengguna yang dimiliki BAYARONE merupakan rahasia bank yang wajib dilindungi oleh BAYARONE yang pengecualiannya akan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana BAYARONE menggunakan dan melindungi seluruh informasi atau data pribadi yang diberikan pengguna kepada BAYARONE saat menggunakan Aplikasi dan/atau Situs Web. Oleh karena itu, diharapkan pengguna dapat membaca Kebijakan Privasi ini secara menyeluruh untuk memastikan bahwa pengguna memahami praktik pemrosesan data kami.
Kebijakan Privasi ini Mencakup Hal-Hal Berikut:
I. Informasi yang Kami Kumpulkan
Kebijakan Privasi ini ditujukan untuk seluruh informasi atau data pribadi setiap pengguna yang dikumpulkan dan digunakan oleh BAYARONE pada saat pengguna menggunakan Aplikasi dan/atau Website, termasuk namun tidak terbatas pada:
Data pribadi berupa informasi pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, alamat, nomor telepon, alamat email, tanggal lahir, pekerjaan baik yang tercantum pada kartu identitas atau media lain dimana informasi tersebut dapat diperoleh dan data pribadi lainnya terkandung dalam korespondensi antara pengguna dan BAYARONE melalui email atau surat fisik;
- tanda tangan spesimen;
- rincian keuangan berupa data transaksi keuangan dan/atau perbankan;
- Informasi pajak dan asuransi;
- Gambar dan rekaman percakapan pengguna dengan karyawan BAYARONE;
- Informasi mengenai profil risiko, investasi dan data lain yang berkaitan dengan kepentingan usaha dan aset;
- Informasi yang terkandung dalam korespondensi antara pengguna dan BAYARONE melalui email atau surat fisik;
- Informasi yang terkandung dalam keputusan Pengguna beserta persetujuannya jika Pengguna memutuskan untuk mengajukan permohonan layanan atau produk BAYARONE melalui Aplikasi dan/atau Website; Dan
- Pendapat pribadi berupa tanggapan atau tanggapan terhadap survei yang diberitahukan kepada BAYARONE.
- Kegagalan untuk memberikan data tersebut dapat mengakibatkan BayarOne tidak dapat memberikan layanannya kepada pengguna.
II. Penyimpanan Informasi Pribadi
BayarOne akan menyimpan informasi pribadi atau data pengguna untuk tujuan arsip sesuai dengan kebijakan yang berlaku di BayarOne dari waktu ke waktu.
Sejauh diizinkan oleh undang -undang dan peraturan yang berlaku, BayarOne akan terus menyimpan informasi pribadi atau data pengguna yang dikumpulkan oleh
BayarOne, kecuali ada permintaan tertulis dari pengguna untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau menghancurkan informasi pribadi atau data pengguna. Dalam kasus seperti itu, BayarOne akan mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau menghancurkan informasi pribadi atau data pengguna sesuai dengan kebijakan yang berlaku di BayarOne dari waktu ke waktu.
AKU AKU AKU. Data biometrik
Selain informasi pribadi atau data pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian I di atas, BayarOne juga akan mengumpulkan dan menggunakan data biometrik yang disediakan oleh pengguna secara sukarela, yang merupakan data yang terkait dengan karakteristik perilaku fisik, fisiologis, atau individu, yang memungkinkan unik Identifikasi individu, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, menghadapi gambar ("data biometrik").
Sebagai lembaga perbankan, BayarOne memiliki kewajiban untuk melaksanakan proses Pengetahuan-Anda (“KYC”), di mana BayarOne akan memverifikasi data biometrik pengguna dengan data yang dimiliki oleh populasi dan agen registrasi sipil dan/atau sertifikasi Pihak berwenang disertifikasi oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui sistem elektronik. Setelah verifikasi berhasil dilakukan,
BayarOne akan menyimpan data biometrik sebagai bukti dari proses KYC, dan data biometrik pengguna akan digunakan sebagai referensi dalam implementasi layanan perbankan transaksional oleh pengguna yang membutuhkan 2 (dua) faktor otentikasi sebagaimana diperlukan berdasarkan undang -undang yang berlaku dan peraturan.
IV. Penyimpanan data biometrik
Dalam menyimpan data biometrik pengguna, BayarOne akan menyimpan data biometrik selama pengguna terdaftar sebagai pelanggan BayarOne dan menggunakan layanan perbankan yang disediakan pada aplikasi dan/atau situs web. Jika pengguna tidak lagi terdaftar sebagai pelanggan BayarOne karena penutupan akun atau sebaliknya, BayarOne akan menyimpan data biometrik pengguna untuk periode retensi maksimum 10 (sepuluh) tahun atau untuk periode yang lebih singkat jika ditetapkan oleh undang -undang tersebut dan peraturan yang berlaku dari waktu ke waktu.
V. Penggunaan informasi pribadi
BayarOne adalah satu -satunya pemilik semua informasi pribadi atau data yang dikumpulkan dari aplikasi dan/atau situs web. BayarOne tidak akan menjual, menukar, berbagi, atau menunjukkan informasi pribadi pengguna atau data kepada pihak lain untuk tujuan yang tidak dinyatakan dalam syarat dan ketentuan yang telah disepakati pada saat BAYARONE berhubungan dengan pengguna dan perubahannya dari waktu ke waktu sesuai dengan pemberitahuan kepada pengguna. BAYARONE akan selalu berusaha menjaga keamanan informasi atau data pribadi pengguna dan melindunginya dari manipulasi, pemalsuan, akses dan pengungkapan yang tidak bertanggung jawab.
- BAYARONE dapat menggunakan informasi atau data pribadi pengguna yang dikumpulkan untuk tujuan berikut serta untuk tujuan lain sebagaimana diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku:
- BAYARONE dapat menggunakan informasi atau data pribadi untuk tujuan bisnis, seperti mengembangkan dan menyediakan fasilitas perbankan, produk atau layanan, termasuk namun tidak terbatas pada membantu BAYARONE dalam menganalisis bagaimana layanan BAYARONE digunakan atau untuk penasihat profesional dan
- Auditor eksternal BAYARONE, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan, perusahaan afiliasi BAYARONE, anak perusahaan, perusahaan induk, dan perusahaan terkait sehubungan dengan operasional bisnis BAYARONE, serta orang atau perusahaan lain yang berada di bawah suatu kewajiban kerahasiaan terhadap NAMA MEREK serta pelaporan kepada regulator dan penyelidikan lebih lanjut oleh pihak-pihak yang berwenang dan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, dll, yang diatur sesuai dengan
- Kebijakan dan prosedur internal BAYARONE atau sesuai dengan syarat dan ketentuan yang mengatur hubungan antara BAYARONE dan pengguna. Sehubungan dengan hal tersebut, BAYARONE akan melakukan upaya terbaiknya agar pihak-pihak terkait sebagaimana disebutkan di atas menghormati Kebijakan Privasi ini.
- BAYARONE dapat menggunakan informasi atau data pribadi pengguna untuk tujuan pemasaran, yaitu untuk menawarkan produk atau layanan, termasuk penawaran khusus, promosi, kontes atau informasi yang mungkin menarik bagi pengguna. Pesan-pesan pemasaran tersebut dapat disampaikan kepada Pengguna melalui berbagai cara antara lain melalui surat fisik, surat elektronik, layanan pesan singkat, telepon, faksimili dan media penyampaian informasi lainnya sesuai dan tunduk pada peraturan Bank Indonesia/Otoritas Jasa Keuangan dan lainnya
- Peraturan yang berlaku di Indonesia. Pengguna dapat mengajukan permintaan ke BayarOne jika pengguna ingin berhenti dihubungi oleh BayarOne untuk tujuan pemasaran itu dengan menghubungi Call Center BayarOne sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Privasi ini.
- Untuk memenuhi 2 (dua) persyaratan faktor otentikasi sebagaimana disyaratkan oleh undang -undang dan peraturan yang berlaku, BayarOne akan mengirimkan data biometrik pengguna ke populasi dan agen registrasi sipil dan/atau otoritas sertifikasi yang disertifikasi oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk tersebut untuk tersebut untuk tersebut untuk tersebut untuk tersebut untuk tersebut untuk tersebut Tujuan mengautentikasi data pengguna dalam bentuk otentikasi kecocokan wajah, dan sebagai upaya mitigasi risiko BayarOne.
Namun, BayarOne akan mengungkapkan informasi atau data pribadi pengguna selama diperlukan untuk melindungi dan mencegah penipuan, klaim, dan kewajiban lainnya jika terjadi perselisihan atau segala bentuk proses hukum antara pengguna dan BayarOne, atau antara pengguna dan pihak lain lainnya sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan di Aplikasi dan/atau Situs Web, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan pengguna sementara tetap tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku.
KAMI. Kebijakan Cookie
Setiap kali pengguna menggunakan atau mengunjungi aplikasi dan/atau situs web, informasi tertentu dapat dikumpulkan secara otomatis menggunakan cookie dari formulir pendaftaran online yang telah diisi oleh pengguna. Cookie adalah file aplikasi kecil yang disimpan di komputer atau perangkat seluler ketika pengguna mengunjungi situs web atau menggunakan aplikasi. BayarOne menggunakan cookie untuk menyediakan layanan yang dipersonalisasi, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, rincian login dan otentikasi yang relevan serta informasi yang berkaitan dengan aktivitas pengguna dan preferensi pada aplikasi dan/atau situs web.
Cookie mengumpulkan informasi tentang pengguna dan menggunakan kunjungan R ke aplikasi dan/atau situs web, seperti alamat Internet Protocol (IP), cara terhubung dengan situs web (misalnya, melalui mesin pencari atau tautan dari situs web lain) dan cara menavigasi aplikasi dan/atau situs web. Informasi dari cookie ini membantu BayarOne mengumpulkan informasi statistik pengunjung untuk meningkatkan layanan aplikasi dan/atau situs web. Beberapa cookie bersifat sementara dan akan hilang ketika pengguna menutup aplikasi dan/atau situs web, sementara beberapa cookie akan bertahan dan akan tetap di komputer atau perangkat seluler pengguna untuk beberapa waktu.
Sebagian besar perangkat seluler dan browser internet pada komputer mendukung penggunaan cookie, tetapi pengguna dapat menyesuaikan pengaturan pada perangkat seluler pengguna atau browser internet untuk menolak jenis cookie tertentu. Perangkat seluler pengguna dan/atau browser internet juga memungkinkan pengguna untuk menghapus cookie yang sebelumnya disimpan. Namun, ini dapat mempengaruhi fungsi yang tersedia pada aplikasi dan/atau situs web.
VII. Keamanan Data Pribadi
BayarOne berkomitmen untuk memastikan informasi pribadi pengguna atau data yang diperoleh melalui aplikasi dan/atau situs web tetap aman. Dalam mengimplementasikan komitmen ini, BayarOne telah menerapkan prosedur dan menggunakan sistem elektronik yang dilengkapi dengan tingkat keamanan yang memadai sebagaimana disyaratkan oleh ketentuan hukum yang berlaku dan BayarOne akan memperbarui tingkat keamanan dari waktu ke waktu.
Untuk menjamin perlindungan bagi pengguna dalam mengakses Aplikasi dan/atau Website, mohon dilakukan hal-hal berikut:
- Dalam hal pengguna mengakses Website, harap pastikan alamat yang Anda akses sudah benar, yaitu__________;
- 2. Dalam hal pengguna mengakses Aplikasi, BAYARONE mengharuskan pengguna untuk: a. memasukkan User ID dan Login Password/PIN sebelum pengguna dapat mengakses Aplikasi;
B. menjaga kerahasiaan User ID dan Password/PIN Login serta tidak memberitahukannya kepada siapa pun;
C. untuk menghubungi BAYARONE apabila pengguna lupa Password/PIN Login atau Password Login/PIN pengguna terblokir. Ikuti petunjuk BAYARONE tentang cara mengaktifkan kembali aplikasi pengguna. Sebagaimana diizinkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, pengguna berhak meminta agar informasi atau data pribadinya dihapus dari database BAYARONE dengan mengajukan permintaan resmi ke Kontak BAYARONE sebagaimana dimaksud dalam bagian 8 Kebijakan Privasi ini. Namun akibatnya, Pengguna tidak dapat lagi mengakses Aplikasi dan/atau Website sebagaimana mestinya.
VIII. Perubahan Kebijakan Privasi
Dengan menggunakan Aplikasi dan/atau Website, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca, memahami dan menyetujui Kebijakan Privasi ini beserta seluruh ketentuan penggunaan, praktik, pemrosesan dan pengalihan informasi atau data pribadi Pengguna oleh BAYARONE sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. . Pengguna juga menyatakan bahwa pengguna adalah satu-satunya pemilik hak untuk membagikan semua informasi yang telah diberikan pengguna kepada BAYARONE dan memberikan
BAYARONE hak untuk menggunakan informasi sesuai dengan hukum yang berlaku.
X. Situs Pihak Ketiga
Dalam menggunakan Situs Web, pengguna dapat menemukan tautan ke situs lain yang dimiliki oleh pihak ketiga dan berada di luar kendali BAYARONE. Jika pengguna mengunjungi tautan tersebut melalui Website, BAYARONE mendorong pengguna untuk membaca dan memahami kebijakan privasi tautan tersebut karena BAYARONE tidak bertanggung jawab atas tautan tersebut dan Kebijakan Privasi ini tidak berlaku pada situs yang dihasilkan dari tautan tersebut.
XI. Cara Menghubungi Kami
Sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, BAYARONE berkomitmen untuk memenuhi permintaan atau pertanyaan lebih lanjut mengenai informasi atau data pribadi pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada memperbarui dan/atau menghapus data). Oleh karena itu, silakan menghubungi kami di:
PT. TIPLY DIGITAL SOLUSI Jalan Raya Kebayoran Lama No. 4, Grogol Utara Village/Sub-district, Kec. Kebayoran Lama, South Jakarta Administrative City, DKI Jakarta Province, Postal Code: 12210